Jumat, 07 November 2008

Barack Obama, McCain dan Pilkada

Mungkin baru kali ini dalam sepanjang sejarah peradaban Amerika, presiden terpilihnya telah memukau seluruh khalayak dunia. Tidak saja dari kalangan konco2nya Amerika bahkan seorang Ahmadi Nejad-pun, dari negara yang identik dengan "anti Amerika" menyampaikan ucapan selamat untuk Barack Obama.

Bagi saya, Barack Obama memang pribadi yang sangat menarik, pria yang lahir 4 Agustus, pernah 4 tahun hidup di Indonesia itu kini telah terpilih menjadi Presiden ke 44 sebuah negara adi kuasa yang bernama the United States of America.

Namun tak kalah menarik pula dengan saingannya John McCain yang begitu tahu dirinya telah kalah bersaing dengan Obama dalam Pemilu pilpres itu, maka yang ia lakukan adalah dengan serta merta memberikan ucapan selamat pada rivalnya tersebut. Iapun berpesan kepada para pendukungnya, bahwa “Kalian boleh bersedih pada malam hari ini karena atas kekalahan saya, tapi pada saat kalian bangun dari tidur besok pagi, kalian harus merasakan kemenangan itu dan mendukung Presiden Amerika yang baru saja terpilih yaitu Barack Obama karena saya juga akan mendukungnya.”

Saya jadi menerawang, seandainya hal serupa terjadi juga terjadi ditanah air, dimana para kandidat yang kalah bersaing didalam Pilkada maupun Pilpres dengan legowo juga bersikap seperti McCain.

Bisa apa nggak, yah?

Berikut adalah Pidato Kemenangan Barack Obama, yang saya kutip dari Koran Sindo edisi 6 Nopember 2008.
Halo, Chicago.
JIKA ada yang masih ragu bahwa Amerika adalah tempat di mana segala hal menjadi mungkin,yang masih percaya jika mimpi para pendiri bangsa masih terjaga sampai saat ini, yang masih bertanya tentang kekuatan demokrasi kita, malam ini adalah jawabannya.
Jawaban itu terlihat dari antrean panjang di sekitar sekolah, gereja yang tidak pernah terlihat dalam sejarah bangsa ini. Oleh orang yang mengantre selama tiga dan empat jam,banyak di antaranya untuk pertama kali dalam hidup mereka,karena mereka meyakini segalanya bisa berubah.
Bahwa suara mereka bisa mengubah. Jawaban disampaikan oleh anak muda, tua, kaya, dan miskin, Demokrat, dan Republik, hitam, putih, Hispanik, Asia, Indian, gay, orang cacat, dan orang normal. Rakyat Amerika telah mengirimkan pesan ke seluruh dunia bahwa kita tidak pernah hanya merupakan kumpulan individu, atau kumpulan negara bagian merah dan negara bagian biru.
Kita adalah dan selalu menjadi Amerika Serikat. Ini adalah jawaban yang bisa membawa mereka yang sinis,takut, dan ragu tentang apa yang telah kita capai untuk bersama-sama ikut dalam sejarah dan menuju harapan baru. Butuh waktu lama hingga saat itu tiba.
Tetapi malam ini, atas apa yang kita lakukan pada hari ini, pada pemilu kali ini,pada momen yang tepat bahwa perubahan telah datang pada Amerika. Sore tadi, saya menerima telepon dari Senator McCain (John McCain), kandidat presiden dari Partai Republik.
Senator McCain telah berjuang cukup lama dan keras pada kampanye kali ini. Dia telah banyak berkorban untuk Amerika yang sebagian besar di antara kita akan mulai membayangkannya. Kita akan mengetahui bahwa apa yang dilakukan McCain merupakan bentuk seorang pemimpin yang berani.
Saya mengucapkan selamat kepadanya,saya mengucapkan selamat kepada Gubernur Palin (Sarah Palin) atas semua yang telah mereka capai.Kemudian saya melihat ke depan untuk bekerja sama dengan mereka,untuk memperbarui janji-janji negara ini pada beberapa bulan ke depan.
Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan dan mitra kerja sama saya pada perjalanan panjang ini.Seseorang yang berkampanye dari hatinya, dan berbicara untuk lelaki dan wanita yang besar bersamanya di Jalan Scranton…dan selalu menggunakan kereta api ketika pulang ke Delaware, wakil presiden terpilih Amerika Serikat,Joe Biden.
Saya tidak akan berdiri di sini malam ini tanpa dukungan tanpa henti dari sahabat terbaik yang telah menemani saya selama 16 tahun, istri tercinta, first lady Amerika berikutnya… Michelle Obama. Sasha dan Malia, saya sangat mencintai kalian berdua lebih daripada apa yang kalian bayangkan.
Kalian akan memiliki anak anjing baru yang menemani kita ke Gedung Putih. Meskipun dia tidak lagi bersama kita, saya mengetahui bahwa nenek saya melihat, bersama keluarga yang telah membesarkan saya. Saya benar-benar merindukannya malam ini.Saya tahu,itu adalah utang saya pada mereka.
Untuk adik saya Maya, adik saya Alma, dan seluruh saudara lelaki dan perempuan saya, terima kasih atas dukungan yang telah kalian berikan pada saya.Saya benarbenar berterima kasih pada mereka. Untuk manajer kampanye saya, David Plouffe, pahlawan pada kampanye ini,yang membuat segalanya menjadi terbaik, kampanye politik terbaik—saya pikir—dalam sejarah AS.
Untuk kepala strategi,David Axelrod, yang menjadi mitra dalam setiap langkah saya. Untuk tim kampanye terbaik yang pernah dirancang dalam sejarah politik,Anda membuat ini menjadi kenyataan, dan saya benar-benar berterima kasih atas pengorbanan yang kalian lakukan sehingga semuanya berjalan lancar.
Dari semua yang disebutkan tadi, saya tidak pernah melupakan untuk siapa sebenarnya kemenangan ini.Kemenangan ini adalah untuk Anda.Milik Anda. Saya tidak pernah menjadi kandidat yang paling berpeluang untuk presiden AS. Kita tidak memulai kampanye ini dengan uang cukup atau banyak dukungan.
Kampanye kita tidak dicetuskan di ruangan di aula Washington. Kampanye ini dimulai dari halaman belakang Des Moines dan ruang keluarga Concord dan serambi Charleston. Itu semua dibangun oleh para pria pekerja dan perempuan yang mengambil uang dari tabungan. Mereka menyumbangkan USD5 dan USD10 dan USD20 hingga berbuah kemenangan.
Itu semua tumbuh dari kekuatan anak-anak muda yang menolak mitos bahwa generasi muda adalah apatis, yang meninggalkan rumah mereka dan keluarga mereka hanya untuk bekerja dan mendapatkan gaji kecil dan tidur kurang. Kekuatan itu berasal dari remaja yang berani menembus hawa dingin maupun panas untuk mengetuk pintupintu rumah.
Berasal juga dari jutaan rakyat Amerika yang sukarela dan terorganisasi dan membuktikan bahwa lebih dari abad 20 nanti suatu pemerintahan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat belum terhapus dari bumi. Ini adalah kemenangan Anda. Dan saya mengetahui bahwa Anda tidak melakukan itu hanya untuk memenangkan sebuah pemilihan umum.
Dan saya mengetahui Anda tidak melakukan itu hanya untuk saya. Anda melakukan ini karena Anda mengetahui bahwa besarnya tugas yang ada di depan Anda. Karena itu kita rayakan malam ini, kita mengetahui tantangan bahwa besok akan membawa suatu hal yang besar dalam kehidupan kita, dua perang, satu planet dalam situasi yang sangat serius,dan krisis keuangan terburuk dalam satu abad.
Semua yang berdiri di sini, kita mengetahui bahwa banyak sekali rakyat Amerika yang berani bangun di tengahtengah gurun di Irak, dan pegunungan Afghanistan yang mempertaruhkan kehidupan mereka untuk kita. Ada banyak ibu-ibu dan bapak-bapak terbangun setelah anak mereka tertidur dan bingung bagaimana cara mereka membayar kredit rumah atau membayar tagihan dokter atau bingung menabung untuk pendidikan anak-anak mereka.
Ada energi baru yang perlu dikerahkan,untuk menciptakan pekerjaan, membangun sekolah, dan untuk membangun kerja sama. Jalan ke depan akan semakin panjang.Tanjakan yang kita daki akan semakin curam. Kita tidak berada di sana dalam satu tahun atau satu periode.
Tapi Amerika, tidak pernah harapan saya itu lebih besar dari malam ini, bahwa kita akan menuju ke sana. Saya berjanji kepada Anda, kita akan berada di sana. Di sana akan ada kemunduran dan awal yang salah. Banyak di antara kita tidak akan setuju dengan semua keputusan atau kebijakan yang akan saya buat sebagai presiden.
Kita pun mengetahui bahwa pemerintah tidak akan bisa memecahkan setiap masalah. Tapi saya akan selalu jujur kepada Anda tentang tantangan apa yang kita hadapi. Saya mendengarkan Anda, khusus ketika kita tidak sepakat.
Saya akan meminta Anda untuk bergabung memperbaiki negara ini, dengan cara kita melakukannya di Amerika selama 221 tahun,blok demi blok, tembok demi tembok, dan tangan yang saling menggenggam erat.
Apa yang dimulai 21 bulan lalu di dinginnya cuaca tidak akan berakhir pada malam musim gugur ini. Kemenangan ini tidak akan mengubah apa yang kita lihat. Ini hanya kesempatan bagi kita untuk membuat perubahan. Dan perubahan itu tidak akan terjadi jika kita kembali dengan cara yang kita lakukan.
Perubahan itu tidak akan terjadi tanpa Anda, tanpa semangat pengabdian, dan semangat akan pengorbanan. Mari kita kumpulkan semangat patriotisme yang baru, tanggung jawab, di mana setiap kita memecahkan setiap permasalahan dengan bekerja keras dan melihat dari sudut pandang kita sendiri, tapi bersama semuanya.
Krisis keuangan ini mengajarkan kita segala sesuatu, bahwa kita tidak akan mendapatkan gairah Wall Street, tetapi Main Street menderita. Di negara ini,kita berkembang dan jatuh sebagai satu negara, sebagai satu rakyat. Ayo pertahankan semangat untuk tidak menyerah pada godaan semangat partisan, kepicikan, dan ketidakdewasaan yang telah meracuni politik kita begitu lama.
Ingat kembali,bahwa ada seorang pria dari negara bagian ini yang pertama membawa bendera Partai Republik ke Gedung Putih,sebuah partai yang didirikan di atas nilai kepercayaan dan kebebasan individu, dan kesatuan nasional. Itulah nilai-nilai yang bersama kita dapatkan.
Sementara itu,Partai Demokrat memiliki kemenangan besar malam ini dan kita melakukan itu sama dengan nilai-nilai kerendahan hati,dan kebulatan tekad untuk menghadapi perpecahan yang telah memundurkan kemajuan kita. Seperti Lincoln mengatakan kepada bangsa yang ketika itu jauh lebih terpecah belah dibandingkan saat ini, kita bukan musuh, tetap kawan.
Semangat mungkin harus diperkuat dan tidak boleh memecahkan tali cinta kasih. Untuk seluruh rakyat Amerika yang telah memberikan dukungan, saya tidak akan mungkin menang tanpa suara Anda malam ini, tapi saya mendengar suara Anda. Saya membutuhkan bantuan Anda.
Dan saya akan menjadi presiden Anda juga. Untuk semua yang melihat kita, dari parlemen dan istana, dan mereka yang berkumpul di sekitar radio di sudut dunia yang terlupakan, cerita kita sama,tetapi takdir kita berbeda. Fajar baru kepemimpinan Amerika di depan mata. Untuk Anda yang membuat dunia ini menangis: kami akan mengalahkan Anda. Untuk mereka yang mencari perdamaian dan keamanan: kami akan mendukung Anda.
Dan untuk semua yang terkagum- kagum jika semangat Amerika masih tetap menyala: malam ini kita membuktikan kekuatan kita tidak muncul dari tentara kita atau kekayaan kita. Tapi kekuatan itu muncul dari demokrasi, kebebasan, kesempatan, dan harapan yang tak pernah henti. Itu membuktikan bahwa Amerika benar-benar genius: Amerika pun dapat berubah.
Persatuan kita tetap sempurna. Kita telah mencapai harapan dan apa yang kita dan harus capai besok. Pemilu kali ini memiliki banyak cerita yang dapat kita sampaikan pada generasi mendatang. Tapi satu yang ada dalam pikiran kita malam ini adalah seorang perempuan yang memberikan suaranya di Atlanta.
Dia tidak seperti jutaan pemilih lain yang berdiri mengantre untuk memberikan suara, tapi suaranya tetap terdengar.Dia adalah Ann Nixon Cooper yang berusia 106 tahun. Dia lahir dari generasi pada masa perbudakan, suatu masa ketika di sana tidak ada mobil di jalanan, atau pesawat di angkasa; ketika seorang seperti dia tidak bisa memberikan suara hanya untuk dua alasan—karena dia seorang perempuan dan karena warna kulitnya.
Pada suatu waktu, ketika suara perempuan dibungkam dan harapan mereka musnah, dia tetap hidup untuk melihat bahwa semua telah berubah dan dia berbicara lantang dan menuju tempat pemungutan suara. Ya kita bisa. Ketika di sana ada keputusasaan dan depresi meluas di seluruh penjuru, dia melihat bahwa sebuah bangsa berhasil menaklukkan ketakutannya sendiri dengan sebuah kesempatan baru, pekerjaan baru,dan tujuan dan perasaan yang sama.
Ya kita bisa. Ketika bom jatuh di Harbour dan tirani mengancam dunia,dia menjadi saksi bahwa generasinya tumbuh menjadi lebih besar dan demokrasi pun terselamatkan. Ya kita bisa. Dia berada di atas bus di Montgomery, pipa air di Birmingham, jembatan di Selma, dan pendeta dari Atlanta yang mengatakan kepada seseorang bahwa kita akan mengatasi (semua permasalahan) .
Ya kita bisa. Seorang lelaki yang menginjakkan kaki di bulan, sebuah tembok yang hancur di Berlin, sebuah dunia yang saling dihubungkan dengan teknologi dan imajinasi kita. Dan tahun ini, pada pemilihan kali ini, dia (Ann Nixon Cooper) menyentuhkan jarinya pada layar,dan memberikan suaranya,karena setelah 106 tahun di Amerika dia melalui masa yang terbaik, dan jam-jam pada masa kegelapan.
Dia mengetahui bagaimana Amerika dapat berubah. Ya kita bisa. Amerika, kita datang begitu jauh.Kita melihat begitu sering.Tapi, banyak hal yang perlu dilakukan. Dengan demikian, malam ini, mari kita tanyakan pada diri kita sendiri, jika anak-anak kita seharusnya hidup untuk melihat abad berikutnya, jika anak perempuan saya seharusnya lebih beruntung dibandingkan Ann Nixon Cooper.Apa perubahan yang akan mereka lihat?
Apa kemajuan yang kita buat? Ini adalah kesempatan kita untuk menjawab panggilan itu. Ini adalah kesempatan kita. Ini adalah waktu, untuk mengajak rakyat kita untuk kembali bekerja dan membuka pintu-pintu kesempatan bagi anak-anak kita, memperbaiki kesejahteraan mereka,mempromosika n perdamaian, menyerukan kembali mimpi Amerika, dan menetapkan kembali keyakinan fundamental, bahwa di mana sekian banyak kita adalah satu, ketika kita bernapas, kita berharap.
Dan ketika kita bertemu dengan sinisme dan keraguan dan mereka yang mengatakan pada kita bahwa kita tidak dapat, kita akan menjawab dengan semangat baru: ya kita bisa.(*)

1 komentar:

  1. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? adalah bisnis Anda menangis untuk kebangkitan keuangan, telah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? mencari lagi, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, menipu warga yang tidak bersalah dan meningkatkan rasa sakit mereka. Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com dan mengisi formulir di bawah ini.

    Peminjam DATA.
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis kelamin: ..................
    5) Status Pernikahan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... Nomor 7) Telepon: ........................... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) Monthlyincome ...... ...................
    10) Pinjaman Durasi: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ............
    13) Tanggal lahir: ........................

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah, keberhasilan Anda adalah tujuan kami.

    BalasHapus