Minggu, 22 Maret 2009

Mesin Kendaraan Mati Saat Melintasi Rel

Mungkin anda sering mendengar atau bahkan pernah mengalami ketika sebuah kendaraan yang tengah melintas rel kereta api, tiba2 mesin dari kendaraan itu mendadak mati dan tidak bisa distarter, padahal sebelumnya tidak ada masalah dengan kendaraan itu.
Menurut yang pernah saya baca ternyata kejadian itu bukan disebabkan oleh faktor kondisi kendaraan yang tengah melintas, melainkan justru disebagkan oleh faktor rel kereta api yang dilintasinya itulah.

Akibat dari berlalu lalangnya kereta diatas rel, telah mengakitabkan terbentuknya medan magnet yang lumayan tinggi pada rel tersebut, dan medan magnet ini bisa tersimpan selama 3 jam.
Medan magnet itulah yang mempengaruhi kerja mesin kendaraan yang melintas dalam putaran mesih yang rendah, apalagi sampai tertahan karena kemacetan saat kendaran tepat diatas rel.

Untuk menghindarinya, upayakan saat melintasi rel putaran mesin kendaraan anda tetap tinggi. Tentu saja dengan pengaturan setengah kopling, sehingga meskipun putaran mesin kendaraan anda tinggi, namun kecepatannya bisa dibikin pelan.
Kalau terlanjur mesin kendaraan anda mati, maka jangan panik, tetap tenang dan kembali starter kendaraan anda, namun bersamaan dengan mestarter mesin andapun harus menekan klakson karena suara klakson apalagi yang suaranya tinggi, dapat mengurai medan magnit yang mempengaruhi kerja mesin kendaraan anda, sehingga kendaraan andapun bisa distarter lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar