Senin, 09 Agustus 2010

Mobil SIM Keliling

Berhubung masa berlaku SIM akan berakhir besok hari maka tadi pagi saya menyempatkan diri untuk memperpanjang SIM, kali ini saya mencoba melakukannya di mobil SIM keliling. Ketika sampai dilokasi pada jam 8.30 pagi ternyata sudah panjang sekali antriannya sehingga meskipun tidak perlu waktu lama untuk mengisi dan menyerahkan kembali formulir isian, namun saya baru mendapat giliran difoto pada jam 13.45. Jadi saya harus menunggu selama lebih dari 5 jam!!!!




Biaya untuk perpanjangan ini adalah Rp 170.000,- (seratus tujuh puluh ribu rupiah) untuk SIM C dan Rp 175.000,-(seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk SIM A. Sedangkan apabila SIM yang anda perpanjang telah kedaluarsa maka dikenakan biaya tambahan Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) baik untuk SIM C maupun SIM A.
Selain membawa SIM lama dan KTP asli, anda juga harus membawa copy SIM dan KTP masing-masing 2 (dua)) lembar dan jangan lupa bawalah balpoin untuk mengisi formulir.

Jadwal pelayanan mobil SIM kelliling untuk wilayah kota Tangerang dan Tangerang Selatan adalah sbb:

Pelayanan dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, yakni pelayanan pagi (kalau tidak salah untuk permintaan formulir dilayani mulai jam 8.00 sd jam 11.00) dan sore/malam hari (jam 17.00 sd jam 21.00.)

Untuk dapat memperkirakan berapa lama anda harus menunggu sampai bisa dilayani, maka perhatikanlah nomor urut anda, karena untuk melayani seorang pemohon diperlukan waktu kurang lebih 5 menit. Misal anda mendapatkan nomor urut 50, maka dari nomor urut 1 sampai giliran anda diperlukan waktu menunggu kira2 50 X 5 menit atau sama dengan 4 jam 10 menit. Cukup lama bukan?

Setelah kebagian giliran, sayapun menjadi mafhum kenapa diperlukan waktu pelayanan yang relatif lama, tadinya saya fikir petugas cukup memasukkan nomor SIM pemohon lalu dimonitor keluarlah datanya, ambil foto lalu print. Ternyata tidak demikian karena petugas harus mengentri data pemohon secara keseluruhan dari awal. Rupanya pelayanan mereka belum online.

Bila sebelumnya saya selalu memperpanjang SIM di Polres, maka memperpanjang SIM di mobil keliling dari segi kepraktisan dan biaya itu lebih baik, karena selama ini meski memperpanjang namun faktanya kita harus selalu membayar sama dengan mereka yang membuat SIM untuk pertama kali, lima tahun lalu, misalnya saya harus membayar perpanjangan SIM seharga 300.000 rupiah atau tiga kali lipat dari harga resminya. Akan lebih baik lagi bila SIM keliling ini sudah online ke data base para pemilik SIM, sehingga akan memperpendek waktu pelayanan.

2 komentar:

  1. Rencananya besok saya mau memperpanjang SIM.. terimakasih telah memberi sedikit pencerahan,, ^_^

    BalasHapus